Cara Upgrade Asus Zenfone 4,5 dan 6 ke Android Lollipop

Upgrade Asus Zenfone 4,5,6 ke Android Lollipop - Buat para pengguna ASUS seri Zenfone, berbahagialah karena Lollipop 5.0 sudah bisa Anda nikmati di perangkat Zenfone. Sebelum Anda membulatkan tekat untuk berpindah ke Lollipop 5.0, ada baiknya Anda baca dahulu apa itu Android Lollipop 5.0, apa kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini saya tuliskan sedikit ulasan tentang Android Lollipop 5.0.

Lollipop 5.0 adalah generasi Android setelah Android Kitkat. Tentu Lollipop 5.0 di kembangan dengan mangacu dari apa yang sudah dimiliki Kitkat, seperti menambah dan mengurangi fitur supaya diperoleh sistem yang lebih tangguh dan menunjang kebutuhan masa kini. Penggunaan Android Lollipop 5.0 sebagai android terbaru yaitu terdapat pada smartphone Nexus 6, dan tablet Nexus 9. Bisa dikatakan bahwa Android Lollipop 5.0 ini yang terpasang pada perangkat ini sebagai android terkini yang paling unggul dalam jajaran Android. Tentu sekarang bukan lagi Lollipop 5.0 yang tercanggih karena sudah ada Android Marsmallow yang hadir baru-baru ini. Namun, untuk perangkat versi Zenfone masih harus puas dengan update sistem ke Lollipop, karena memang sebatas itu yang bisa didapat dari Asus, hehe ..Lalu, apa kelebihan Lollipop 5.0 dibanding versi/generasi Android yang lain? Nah, silahkan baca list dibawah ini :

  1. Keamanan – Lollipop menggunakan sistem SELinux yang terkenal anti malware.
  2. Baterai – Seperti yang kita tahu bahwa musuh utama smartphone adalah baterai yang cepat habis, nah, permasalahan ini dijawab oleh Lollipop dengan algoritma yang digadang-gadang mampu menghemat baterai lebih banyak daripada versi sebelumnya.
  3. Tampilan – Salah satu andalan dari Android Lollipop adalah tampilan yang memukau daripada pendahulunya Android Kitkat.
  4. Device Sharing – Dengan Android Lollipop, perangkat Android Anda akan mampu berinteraksi dengan banyak perangkat.

Dengan kelebihan-kelebihan diatas, saya pribadi ingin untuk meng-update Android perangkat saya.

lollipop

Asus memberikan Lollipop ke perangkat Zenfone 4 (A400CG dan A400CXG) ,5 (A500CG dan A501CG), 6 (A600CG dan A601CG) melalui OTA (Over The Air), selain itu kita juga dapat mendownload update melalui forum Asus ZenTalk resmi.

Perubahan yang dibawa Asus melalui Android 5.0 Lollipop ini kurang lebih sama seperti kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan diatas kecuali tampilan yang masih menggunakan ZenUI khas Asus Zenfone. Sedangkan untuk perubahan aplikasi pre-installed, Asus telah menghapus beberapa aplikasi seperti baterai widget, widget PhotoFrame, Movie Studio, Cloud Print, CMClient dan Magic Asap Wallpaper.

Perubahan yang lain yang kentara ketika pertama kali melihat tampilan Android 5.0 Lollipop di Asus Zenfone adalah Lockscreen yang baru. Mandiri Wallpaper dan rincian cuaca akan hilang pada lockscreen. Perubahan ke pengaturan cepat  namun 2 hal diatas hanya berlaku di Zenfone dengan RAM 1 Gb saja. Perubahan di panggilan dan kontak, penghapusan in-call animation dan cover, penambahan ocean wallpaper, day scene live wallpaper, TripAdvisor dan Asus Auto-start aplikasi untuk service manager serta peningkatan fungsi panggilan telepon VOIP dan pemutar musik.

Ternyata cara update perangkat zenfone ke Android Lollipop ini lebih mudah dari apa yang saya pikirkan, kebiasaan saya  meng-upgrade Android memang bisa dibilang tidak direstui oleh brand smartphone, yaitu dengan super user atau rooting device, jadi saya download ROMnya dulu setelah itu saya flash ke perangkat saya. Alhasil garansi perangkat hilang..hehe..dan hasil upgrade biasanya kurang stabil. Nah, di upgrade zenfone ini caranya memang cukup mudah. Tidak perlu mem-flash device apalagi melakukan root. Untuk file pendukungnya, silahkan download memalui link dibawah ini, pastikan file update sesuai dengan versi smartphone Anda. Cara mengetahui file yang tepat adalah dengan melihat Build number pada smartphone Anda. Silahkan cek di Setting –> About –> Software information –> Build number, disitu akan terlihat kode yang menunjukan huruf WW atau TW. Silahkan pilih link dibawah ini yang sesuai dengan kode smartphone Anda.

Link Download

Untuk urutan langkahnya silahkan ikuti langkah dibawah ini :

  1. Download file upgrade.
  2. Sebelum upgrade, pastikan versi firmware smartphone Anda adalah yang terbaru (sebelum diupdate ke Lollipop). Caranya silahkan cek di Settings –> About –> System Update –> tekan tombol Check Update.
  3. Jika sudah selesai download, silahkan hubungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB.
  4. Letakkan file di dalam memori internal smartphone.
  5. Lepas kabel USB dari smartphone dan Anda akan melihat notifikasi di smartphone yang menyatakan bahwa sistem update telah ditemukan. Tekan notifikasi tersebut (pastikan baterai Anda mencukupi – sekitar 50% lebih atau tancapkan ke charger supaya lebih aman..hehe)
  6. Setelah itu seharusnya update system akan berjalan secara otomatis. Tugas Anda adalah menunggu sampai muncul pesan Succesful System Update
  7. Selesai.

Nah, saya harap artikel ini bermanfaat untuk Anda. Saya hanya menyampaikan apa yang saya tahu dari beberapa sumber bacaan tentang upgrade Zenfone dari Kitkat ke Lollipop ini. Silahkan mengikuti langkah diatas dengan resiko sendiri.

Jika Anda memilki pertanyaan atau masukkan, silahkan tuliskan pada kolom komentar yang ada dibawah postingan ini.

Demikian artikel tentang cara upgrade Asus Zenfone ke Android 5.0 Lollipop, Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Upgrade Asus Zenfone 4,5 dan 6 ke Android Lollipop"

Posting Komentar