Cara Menghitung Angka di Tabel Ms. Word

Cara Menggunakan Rumus Ms. Excel di Tabel Ms. Word | Saya agak terlambat mengetahui hal yang akan kita bahas ini, memang saya tidak pernah punya pemikiran yang memicu saya untuk mencari tahu apakah hal ini mungkin sampai hari ini teman kantor saya mengerjakan laporan di excel! Aneh, menurut saya.

Lalu saya tanyakan apa motivasinya mengerjakan laporan yang biasanya menggunakan ms. word itu di ms. excel, dia menjawab ,”Hitungannya banyak, daripada menghitung menggunakan kalkulator lebih baik memanfaatkan formula di excel.”

Masuk akal.

Tapi, apa kabar dengan paragraf dan kalimat-kalimatnya? bakal susah untuk membuat sebuah paragraf rapi kalau menggunakan ms. excel.

Dari sinilah saya mulai bertanya-tanya apakah ada cara lain yang dapat dilakukan supaya hal diatas dapat teratasi dengan baik.

Nah, ternyata untuk masalah ini ms. Word punya solusi yang cukup ampuh. Tahukah Anda bahwa Ms. Word juga bisa menghitung?

Haha, saya baru tahu hari ini.

ms. word

Cara yang akan saya paparkan dibawah ini cukup mudah untuk dilakukan. Saya memakai Ms. Office 2013, namun cara ini juga dapat dipakai untuk Ms. Office 2010 atau 2007.

Oke, tanpa berlama-lama silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk membuat rumus di Ms. Word.

Saya asumsikan Anda sudah bisa membuat table pada Ms. Word

  1. Buatlah sebuah tabel pada lembar kerja Ms. Word Anda.
  2. Isikan angka yang akan Anda hitung.
  3. Letakkan cursor pada kolom terakhir (tempat Anda mendefinisikan rumus).
  4. Klik Layout pada menubar, kemudian pilih Formula pada group data. (Anda juga dapat membuka jendela ini dengan cara klik Insert –> Quick Parts –> Field –> Formula pada Ms. Word)
  5. Akan muncul jendela Formula dimana Anda akan membuat sebuah rumus.
  6. Isikan rumus atau formula Anda pada kolom formula (misal : =A1*B1). Perlu diketahui bahwa urutan kolom dan baris adalah sama seperti kolom dan baris pada ms. excel. Sehingga untuk membuat rumus gunakan acuan dari pembuatan rumus di excel.
  7. Klik OK.
  8. Nikmati hasilnya. Smile

Hal lain yang mungkin Anda alami adalah bukan hasil perhitungan yang keluar melainkan pesan error “!Invalid Character Setting.”, ini adalah yang saya alami di komputer kantor. Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk menyelesaikan masalah ini, namun disini saya akan menuliskan satu cara yang kemarin saya pakai dan berhasil. Saya hanya mengubah regional setting menjadi default Indonesia, di Regional setting tinggal saya reset saja. Berikut adalah caranya :

  1. Masuk ke Control Panel.
  2. Klik Clock, Language, and Region.
  3. Klik Region.
  4. Akan muncul jendela region, klik tombol Additional settings… dibagian paling bawah.
  5. Akan muncul jendela Custimize Format. Nah, di jendela inilah kita akan mereset ke default setting dari pengaturan region komputer Anda.
  6. Klik Reset.
  7. Selesai.

Silahkan cek di tabel Anda tadi apakah rumus Anda sudah bekerja sebagaimana mestinya? Jika belum, mungkin pengaturan region Anda yang masih belum beres. Pastikan pengaturan bahasa, region dan speech sama. Cara untuk mengubahnya sudah pernah saya tuliskan di artikel Cara mengaktifkan Cortana di Windows 10. Memang beda interface yang ditampilkan, tapi pada dasarnya menu yang disediakan adalah sama.

Anda dapat menggunakan default Region US atau UK atau Indonesia. Yang terpenting adalah pengaturan tersebut sama mulai dari  bahasa, region dan speech-nya.

Entahlah apakah ini kekurangan dari perhitungan di ms. Word, karena memang ms. Word dibangun untuk memenuhi kebutuhan editing dokumen, bukan perhitungan. Namun, saya sebutkan saja apa yang tidak bisa dilakukan ms. Word mengenai fitur formula ini. Ms. Word tidak bisa meng-copy rumus dengan cara men-drag icon + di pojok kolom seperti yang bisa dilakukan ms. Excel. Jadi Anda harus berulang kali memasukan rumus atau meng-copy rumus yang telah Anda tuliskan dan mem-paste di setiap kolom hasil yang Anda buat. Cara copy-paste ini bisa Anda lihat hasilnya dengan meng-klik kanan pada rumus dan klik Update Field.

Oiya, rumus yang bisa diaplikasikan diaplikasikan di Ms. Word ini cukup mudah, selain dapat mengaplikasikan rumus seperti “=A1+B1”, Ms. Word juga dapat mengaplikasikan rumus “=SUM(LEFT)”  atau “=SUM(ABOVE)” dll.

Nah, rumus tersebut lebih mudah diaplikasikan, kan?

Oke, artikel ini mungkin masih banyak kekurangan karena saya memang baru tahu cara ini, jadi jika Anda memiliki pengetahuan lebih mengenai cara ini silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah artikel ini. Atau jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan tuliskan juga pada kolom komentar, semoga saya dapat menjawab setiap pertanyaan Anda.

Sekian dulu artikel tentang cara membuat rumus Excel di tabel Ms. Word, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.


Share This Article


0 Response to "Cara Menghitung Angka di Tabel Ms. Word"

Posting Komentar