Cara Menggunakan dan Memaksimalkan Google Now

Bekerja dengan Google Now -- Di artikel sebelumnya yang membahas Cortana di Windows 10 saya sempat menyinggung tentang Google Now dan Braina, 2 diantara banyak aplikasi berbasis AI. Nah, karena sudah terlanjur disinggung dan supaya tidak tersinggung –hehe—maka kali ini akan saya bahas hal-hal mengenai Google Now. Untuk Braina akan saya bahas di artikel selanjutnya –antri, sob!

Oke, Google Now memang bukan teknologi kemarin sore. Google Now pertama kali muncul di permukaan adalah ketika Android 4.1 alias Jelly Bean keluar di pasaran. Sejak pertama kali muncul Google Now sudah membantu banyak sekali pengguna Android, namun tidak semua pengguna android paham bagaimana cara menggunakan Google Now. Inilah alasan artikel ini saya tulis, saya telah menemukan beberapa hal mengenai Google Now yang perlu untuk Anda ketahui, buat yang belum tahu biar tahu, buat yang sudah tahu biar lebih ingat. hehe.

Dengan Google Now, Anda dapat mengetahui berbagai informasi tentang pengetahuan umum. Caranya cukup memberi perintah suara seperti 'definition of....', 'how old is the moon', 'what i love you in Italy', dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Google Now juga bisa berperan sebagai asisten pengingat pribadi Anda. Dengan perintah 'remind me to call Andi at 5 pm', atau 'remind me to buy milk in supermarket', Google Now akan bekerja sebagai asisten pribadi. Setelah tiba waktunya, alarm dengan petunjuk apa yang harus Anda lakukan akan keluar diperangkat Android Anda.

google now

Anda cukup mengucapkan ‘open (nama aplikasi)’ untuk membuka sebuah aplikasi di perangkat Anda. Semisal “open whatsapp” maka aplikasi whatsapp akan terbuka dan siap digunakan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan Google Now untuk SMS atau menelepon seseorang. Anda cukup ucapkan ‘send text (isi pesan) to (nama tujuan)’, misal ‘send text how do yo do to John’ maka Google Now akan menuliskan pesan yang tinggal anda konformasi untuk dikirim. Untuk menelepon Anda cukup ucapkan ‘call (nama kontak/tujuan)’ maka Google Now akan menghubungi nomer tujuan.

Untuk informasi tempat dan cuaca Google Now juga cukup bisa diandalkan, Anda bisa mendapat berbagai informasi tentang dimana Anda sedang berada. Selain itu, fasilitas ini juga dapat memberi Anda informasi tentang cuaca yang sedang dan akan terjadi.

Dengan integrasi ke Google map, Anda bisa menanyakan jalan menuju suatu tempat. Dengan perintah seperti 'take me to Surabaya' atau 'navigate to Surabaya' Anda bisa mendapat jalur yang tepat menuju lokasi yang ingin dituju. Mudah bukan?

Jika Anda bepergian ke luar negeri, Google Now dapat berperan sebagai translator Anda. Dengan perintah suara seperti 'say hello in italy' atau 'airport in french', Anda bisa mendapat bahasa asing yang Anda cari. Hanya saja, dengan perbedaan perangkat lunak, perintah yang bisa Anda tanyakan ke Google Now bisa berbeda satu dengan yang lain.

Semua yang saya utarakan diatas terlihat mudah, namun bahasa untuk perintah suaranya masih menggunakan bahasa inggris. Akan lebih mudah lagi jika bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, bahasa kita sendiri. Dan Google Now tahu itu, karena sekarang Anda dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk perintah suara di Google Now, cara settingnya cukup mudah. Berikut ini adalah tahap-tahapnya :

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Lalu di Accounts pilihlah Google
  3. Disitu akan ada pilihan Account dan Privacy, dibawah Privacy pilih Search
  4. Didalam Search pilihlah Search language
  5. Lalu pilih Bahasa Indonesia
  6. Selesai

Dengan langkah tersebut seharusnya Google Now sudah akan merespon perintah Anda dalam Bahasa Indoneia.

Perintah-perintah seperti “Bangunkan saya jam 5 pagi” untuk men-set Alarm sudah bisa diterima oleh Google Now, atau “telepon (nama kontak)” untuk menelepon seseorang, atau “buka (nama aplikasi)” untuk membuka aplikasi. Masih banyak lagi perintah berbahasa Indonesia yang bisa Anda gunakan  kepada Google Now. Silahkan Anda eksplor sendiri, atau jika masih kesulitan baca terus artikel ini sampai selesai. Nanti akan ada link untuk menuju ke perintah-perintah Google Now yang lebih lengkap lagi.  Tentunya masih dalam Bahasa Inggris, Anda hanya harus mengartikannya ke Bahasa Indonesia. Cukup mudah bukan?

Saya tidak tahu apakah Google Now dapat menjalankan 2 atau lebih bahasa sekaligus, sehingga kita dapat menggunakan perintah suara memakai bahasa apapun tanpa harus menyeting ulang dengan langkah diatas. Semisal bisa, bukankah itu lebih baik. hehe..

Perlu Anda ketahui bahwa untuk mengaktifkan perintah suara Google Now Anda perlu mengucapkan kata kunci terlebih dahulu diikuti oleh perintah Anda. Kata kuncinya adalah ‘Ok, Google’.

Google Now akan merespon kata kunci tersebut dengan bunyi ‘beep’ pelan yang menandakan bahwa Google Now siap untuk menerima suara Anda.

Apakah Anda sudah mencobanya di perangkat Anda?

Apakah kata kunci ‘Ok, Google’ dapat direspon dengan baik oleh Google?

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan Google Now, Google menyarankan untuk menggunakan Google Now Launcher yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play –saya sudah menggunakannya, sampai saat ini—Launcher dari Google ini memungkinkan Anda untuk mengucapkan kata kunci tanpa harus men-select kotak pencarian Google. Anda hanya perlu membuka kunci Android dan masuk ke halaman Home. Jadi selama screen Android Anda aktif, Google Now akan menerima kata kunci dan perintah dari Anda. Cobalah. Smile

Jika Anda belum menggunakan Google Now Launcher, Anda perlu untuk men-select kotak pencarian terlebih dahulu sebelum mengaktifkan perintah suara. Ini menurut saya tidak membuat Google Now istimewa. hehe.

Nah, pembahasan Google Now akan berhenti sampai disini. Namun, Anda boleh dan sangat disarankan untuk bertanya atau memberi saran dengan cara menuliskannya di kotak komentar dibawah postingan ini.

Untuk melengkapi Artikel ini akan saya sertakan perintah-perintah suara yang mungkin dapat Anda gunakan untuk meng-eksplore Google Now. Saya mendapatkan perintah-perintah suara ini dari website luar negeri, sehingga perintah-perintah tersebut akan menggunakan bahasa Inggris. Perintah-perintah ini sama saja dengan perintah di Bahasa Indonesia jadi Anda hanya perlu mengartikannya ke Bahasa Indonesia untuk menggunakan Google Now dengan memakai bahasa kita sendiri. Anda dapat melihat perintah-perintah tersebut disini.

Oke sekian dulu artikel tentang seluk-beluk Google Now, saya yakin artikel ini masih belum mencangkup semua kelebihan atau kekurangan Google Now, nah, jika Anda memiliki unek-unek, masukan, saran atau mau menambahkan apapun mengenai Google Now, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

Update : Ternyata Google Now dapat menjalankan 2 bahasa sekaligus. Anda bisa mensetting Search language menjadi Bahasa Indonesia, setelah itu di pilihan Voice –> Language Anda dapat memilih 2 atau lebih bahasa yang tentunya Anda harus memilih salah satu bahasa menjadi yang utama/primary. Selamat mencoba.


Share This Article


0 Response to "Cara Menggunakan dan Memaksimalkan Google Now"

Posting Komentar